Categories
Otomotif

Ke Jepang, Teknisi Berlatih Tata Krama

F Ferry Moniaga, pemenang Indonesia Technician Grand Prix (ITGP) 2016 dari Bengkel Sabang Raya, Jambi akan mewakili Indonesia di ajang World Technician Grand Prix (WTGP) 2016 Oktober mendatang di Yamaha Motor Corporation Jepang. Kontes dunia tersebut diikuti lebih dari 20 negara.

Ia pun mempersiapkan segala sesuatunya. “Kalau untuk saya sendiri yang pasti kiatnya belajar. Standar pekerjaan atau SOP Yamaha diselenggarakan di bengkel kita, jadi pas kontes kita sudah terbiasa,” ujar Ferry di kantor Yamaha Pulo Gadung, Jakarta (19/5). Ferry akan dikarantina sebulan penuh untuk mendapat modal cukup. Mulai kemampuan, pengetahuan, termasuk tata cara makan, attitude dan tata krama di Jepang.

Untuk itu, M. Abidin, General Manager PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) akan mengajak Ferry makan makanan Jepang supaya terbiasa dan dapat beradaptasi dengan budaya Jepang. “Saya akan ngajak dia makan (masakan Jepang) agar terbiasa. Kedua mengajarkan ramburambu tata krama di sana, seperti memberikan kartu nama dengan dua tangan, membungkuk, memberikan salam dan menatap muka waktu berbicara,” ungkap Abidin.

Sementara motor apa yang akan digunakan, masih rahasia penyelenggara. Namun diprediksi NMAX atau YZF R25. ITGP 2016 diadakan untuk ke-15 kalinya sebagai program pembinaan keahlian bagi para teknisi Yamaha se-Indonesia. ITGP 2016 diikuti 10.498 teknisi Yamaha. Dari 20 teknisi terbaik diseleksi menjadi 6 teknisi.